Sejujurnya ini hanyalah suatu protes dari seorang mahasiswa yang melihat bahwa masih banyak hal-hal yang sebetulnya wajib lebih diperhatikan daripada sebuah kasus Century.

Kasus Bank Century memang cukup menghebohkan. betapa tidak? kasus Bank Century telah menyeret beberapa petinggi negara termasuk presiden dan wakil presiden karena melibatkan uang rakyat yang tidak sedikit. semua orang berteriak, hapuskan korupsi, turunkan Wapres Boediono karena beliau telah menyetujui pencairan uang yang bernilai cukup besar untuk Bank  Century.

Ketika saya bertanya kepada beberapa orang, mereka menyebutkan bahwa korupsi harus diberantas sampai ke akar-akarnya. Namun sayangnya mereka menganggap bahwa Petinggi-petinggi kitalah akar korupsi tersebut. Sayangnya tidak, saya bahkan akan menertawakan orang-orang yang mengatakan bahwa petinggi-petinggi kitalah akar dari permasalahan korupsi.

Tahukah kalian semua bahwa ada satu hal yang menyebabkan korupsi seperti mendarah daging di Indonesia?

Pendidikan

yap, itulah yang membuat korupsi mendarah daging di Indonesia. Pendidikan kita begitu semrawut dan memiliki kurikulum yang buruk sehingga orang-orang justru menjadi tidak terdidik setelah menyelesaikan pendidikannya.

ingatkah anda apa yang anda pelajari saat SD? di masa kanak-kanak yang seharusnya digunakan untuk melatih disiplin ini, kita justru dicekoki berbagai teori dan berbagai hal-hal yang sebetulnya tidak berguna bagi kita. bahkan saya tidak yakin anda akan menemukan hasil dari 4+5×4/2-20×21+41×20-5-11+12×0= berapa.

anda menjawab 0? maka anda lebih bodoh dari seorang anak kelas dua SD.  saya yakin 3/4 dari anda yang membaca soal tersebut akan menjawab salah. mengapa? karena kita sama sekali lupa akan pelajaran SD. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran di Indonesia sangatlah payah, 3/4 dari kita bahkan lupa prinsip dasar matematika.

10 paradoxes

15 Desember 2009

Berikut ini adalah 10 sikap paradok yang dinyatakan oleh Mihaly:

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

there’s no one that could do something without rest. restless people usually not creative, because they often became saturated and their work became not good. so, rest and quiet is needed to become creative.

an example come from da-vinci, if he feels stuck, then he go into a quiet place and set up a condition to pleasure himself. after do that, he came with a lot of ideas.

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

people learn from their mistakes, and became stupid when they’re succeed. creative people should forget their success, and forget all common senses to be creative. so, they tend to be stupid, but they should think that they’re smart.

example. I forget all common senses and think about a clock integrated to an aquarium. in the time i think, i’m a stupid person that saw two things, clock and aquarium. But i’ve become smart at the same time when I got an idea to integrated the clock to an aquarium. so, i’ve got two functions in the same thing.

3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.

playing and discipline would help people to became creative. for example. playing games in computer inspired me to do this task. and soon after I get inspired, i wrote this task down.

4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.

do you believe that a clock that uses battery could be integrated to an aquarium? some people will say that it could trigger a short sircuit, but i imagine that. after that, i use my sense of reality to make it. a plain clock will trigger short sircuit, but if we create a waterproof clock, we could make it.

5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.
creative people sometimes need other people to develop an idea, but sometimes the idea came to them when they’re alone.

6. Creative people are humble and proud at the same time.

we should humble because above us there’s still god that could create everything. but we should proud in order to cheer us up to create new ideas.

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

no stereotype when you want to be creative. why? because stereotype limit us. and limited person will not free to develop ideas.

8. Creative people are both rebellious and conservative.

sometimes, we should be conservative to know what people need. but we should be rebellious to any limitations that resist people to create ideas.

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

i don’t understand about this one. could Mr. Agus help me?

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

pain could help us to become creative, most people became very smart, very creative whenever they are in a great pain, such as myself. because i was a sensitive person, i feel that i imitate something that is not in accordance with my principle, i feel a great pain.

but now, when I’ve been told that if I want something i should get a good IP. I became creative in doing task in order achieve that.

From Creativity: The Work and Lives of 91 Eminent People, by Mihaly Csikszentmihalyi, published by HarperCollins, 1996.

HOAAAAHEMMM

10 November 2009

ngantuk banget, ada yang mau nemenin bobo???

 

tidur…….

 

tidur….

tidur…

 

mati….

Kreatip…

20 Oktober 2009

Sampurasun!!!!

Nuju naon yeuh barudak???

Sim kuring nembe nyerat deui yeuh!!!

Kuring mah bade nerangkeun naha urang sadaya teh kedah kreatip..

janten upami saur abdi mah, kreatip teh salasahiji cara kangge janten populer.

upami aranjeun sadaya hoyong janten populer, kedah janten jalmi anu kreatip!!!

contona siga band Kuburan, maranehna kreatip nyieun hiji aliran musik anyar anu akhirna dicontoh ku seueur band sanes…

Penemuan terhebat

18 Oktober 2009

waktu gw SMA, gw  seringkali dimintai bantuan oleh kawan2 gw dalam pelajaran matematika terutama logaritma. Logaritma, atau algoritma, adalah salah satu bagian pelajaran matematika yang sangat ditakuti oleh kawan2 gw (IPS sih…) padahal menurut gw, algoritma itu sangat penting, karena menjadi dasar dari banyak penemuan di dunia ini..

banyak banget penemuan luar biasa yang berasal dari logaritma, contohnya komputer, komputer pada awalnya adalah alat untuk mempermudah hitungan logaritma yang pada umumnya sangat sulit (terutama logaritma angka-angka besar) tapi pada akhirnya, komputer memiliki banyak fungsi dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari banyak pekerjaan dan Ilmu.

luar biasa bukan? algoritma memang sulit, tetapi jika kita bisa menguasainya, artinya kita bisa memahami banyak ilmu yang ada di dunia ini.

IDEO

18 Oktober 2009

nama perusahaannya bagus kan? IDEO, deket deket IDEA (mungkin orang Jawa yah? yang A suka dibaca O, no offense, just kidding!!) IDEO ini merupakan perusahaan desain terbaik menurut Pak DOSEN Creativity and Innovation.tapi kalo menurut gw, mereka adalah sekumpulan orang gila yang menyampaikan ide-idenya.

Bagus banget sih, karena yang gw alami di Indonesia, belum ada perusahaan ato konsultan sekreatif mereka, kebanyakan konsultan di Indonesia itu tukang bohong. mereka pura pura tahu, padahal cuma asbun (asal Bunyi doang) jadi sebenernya gw berharap ada perusahaan semacam ini di Indonesia.

Indonesia itu negara yang hebat loh. menurut perusahaan di mana ayah saya bekerja, Indonesia adalah sumbernya tenaga kerja (what?) berkualitas dengan cost rendah (Oh my). karena kebanyakan orang di Indonesia adalah orang orang pintar, dan mudah beradaptasi, sehingga dibilang sangat berkualitas. apalagi dengan rendahnya cost. Indonesia itu Luar Biasa.

Maka dari itu, saya berpikir jika ada satu saja orang (semoga saya) yang bisa menyatukan dan berpikir kreatif, maka saya bisa membuat perusahaan yang lebih baik dari IDEO, karena di sini kita bisa menemukan banyak orang yang luar biasa dalam masalah teknik. dan yang perlu saya lakukan hanya membuat desain yang bagus untuk menarik perhatian orang.

Nama Part 2

13 Oktober 2009

Rizky Aditya Kusuma, arti harfiahnya adalah bunga yang diberi rejeki agar jadi kuat.

Namun Buat gw, Nama gw berarti gw adalah orang Kuat yang banyak rejeki… mengingat gw sampai saat ini telah mengalami berbagai kecelakaan aneh (kaya kejatuhan magazin airsoft gun, terus tangan gw beradu dengan stang motor, ampe nabrak BMW sampai gw kelempar dari motor) yang ajaibya gw tetep idup sampe sekarang… itu berarti gw kuat… heheheh…

kemudian kalo gw pengen sesuatu, pasti bakal dapet (kecuali cewe, karena itu jodoh, bukan rejeki) maka gw bener2 orang yang banyak rejekinya, karena gw masih bisa sekolah di sekolah mahal (12,5juta per semester!! Oh, God!) terus gw masih bisa bawa motor Honda CBR 150R, terus bawa Toyota Yaris (yang diganti ama Fortuner akhir bulan ini).

Ya. Hidup gw bukan cuma berkecukupan, tapi berkelebihan. (Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Thanks God!)

terakhir gw masih belum bisa mendefinisikan nama Kusuma, entar aja lah… See you later, World!!!

Blogging..

7 Oktober 2009

Ngeblog itu apa sih??

nulis doang kah???

hmm…

let’s just singin’
lalalalalalala….
nananananana…

Hello WORLD!!!!

7 Oktober 2009

Yo, salam kenal dari gw. Nama gw Rizky Aditya Kusuma. Dikasih nama oleh orang tua gw.

Sebenernya gw bingung loh, kenapa gw dinamain demikian.

“What’s in a name?” kata Shakespeare,  kalo menurut gw sih, nama diberikan kepada anak untuk menunjukkan kasih sayang ortu ke anaknya.

Dan nama ade gw bagus-bagus, sempet marah juga sih, gw gak kebagian yang bagus…

tapi kemaren, waktu gw ama keluarga gw lagi berwisata bersama, ade gw yang paling kecil tuh sempet nanya,  kenapa doi dan kakak-kakaknya dikasih nama demikian.

Tahulah gw akhirnya akan filosofi mendalam yang diberikan ortu ke gw…

kenapa Rizky? Udah pada tahu kan, kalo rizky, atau rejeki itu adalah sesuatu yang diberikan oleh Allah kepada seseorang.  Dan seringkali diberikan secara tidak terduga. nah, itulah yang ortu gw doain ke gw.  Gw didoain bakal punya banyak rejeki. dan mengingat gw sekarang sekolah bisnis, jadi kayaknya doanya mustajab deh.

Sementara Aditya, diambil dari kata Adit yang artinya kuat, sehingga kalo dikasih ya, kayaknya artinya jadi orang yang kuat. akhirnya gw berpendapat kalo gw orangnya bakal kuat. (amin) dan mengingat gw berhasil lolos dari berbagai kecelakaan dengan luka yang sedikit, Insya Allah doa ini juga dikabul sampai nanti.

Kusuma, ini nama bunga, dan katanya, dulu bunga ini adalah salah satu bunga yang akan menarik perhatian semua orang. Ortu gw waktu Mama hamil, pengen punya anak yang selalu diperhatikan sama semua orang.  nah, sekarang gw tiap ngomong di depan kelas selalu menarik perhatian banyak orang, entah disengaja ato nggak. jadi Insya Allah doa yang ini juga terkabul..

terakhir sih panggilan gw, whiskaz, tapi mungkin kita bahas di postingan selanjutnya aja ya…

See y’all! WORLD!